susunan alat pencernaan - KLIK ILMU
Headlines News :
Lazada Indonesia
Home » » susunan alat pencernaan

susunan alat pencernaan

Written By Unknown on Friday, February 6, 2015 | 5:13 AM

alat pencernaan makanan pada tubuh kita tersusun dari mulut,kerongkongan, lambung, usus dua belas jari, usus halus, usus besar, dan anus. alat pencernaan makanan itu kita pelajari satu per satu berikut ini.

a. Rongga mulut
di dalam rongga terdapat gigi, lidah, dan air ludah atau air liur. gigi berguna untuk mengunyah makanan supaya menjadi halus. sesuai dengan fungsinya ada tiga macam gigi, yaitu gigi seri, gigi taring, gigi geraham.
  • gigi seri berfungsi memotong makanan, bentuk permukaannya menyerupai mata kapak
  • gigi taring berfungsi merobek atau mengoyak makanan, bentuk permukaan runcing
  • gigi geraham berfungsi mengilas makanan, bentuk permkaannya lebar dan bergelombang
Di rongga mulut, makanan dikunyah supaya lembut dan halus. makanan dihaluskan antara 20 sampai dengan 30 kali kunyahan, tergantung jenis makanannya. makanan yang liat dan berserat dikunyah lebih lama daripada makanan yang lunak dan tidak berserat. makanan yang belum dikunyah tidak maik untuk ditelan, sebab makanan belum bercampur dengan air ludah sehingga sulit untuk dicerna

lidah terletak di bagian dasar rongga mulut. lidah berfungsi untuk mengatur letak makanan pada waktu mengunyah, membantu menelan makanan dan mengecap rasa makanan. bagian depan lidah untuk mengecap rasa manis ( baca : lidah dan bagiannya )





didalam mulut juga terdapat dua kelenjar ludah. kelenjar ludah bawah terdapat di bagian bawah lidah. kelenjar ludah atas terdapat di belakang telinga. kelenjar ludah menghasilkan air ludah dan enzim amilase ( pliatin ). enzim amilase berfungsi mengubah zat tepung ( amilum ) menjadi zat gula. itulah sebabnya mengapa nasi ( mengandung amilum ) yang kita kunyah lama-kelamaan terasa manis


bersambung

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

silahkan dilike

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KLIK ILMU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger