kulit manusia dan bagiannya - KLIK ILMU
Headlines News :
Lazada Indonesia
Home » » kulit manusia dan bagiannya

kulit manusia dan bagiannya

Written By Unknown on Tuesday, January 6, 2015 | 11:06 PM

seluruh tubuh kita dilapisi oleh kulit. kulit berfungsi sebagai indera peraba. dengan kulit kita dapat membedakan benda panas dan benda dingin. kulit juga berfungsi sebagai pelindung tubuh dengan cara melapisi tubuh..

a. bagian-bagian kulit
kulit terdiri  atas dua lapisan, yaitu lapisan luar dan lapisan dalam. lapisan luar disebut juga epidemis. lapisan dalam disebut juga dermis.
lapisan luar tersusun atas dua lapisan, yaitu kulit ari dan lapisan malpighi. kulit ari tersusun atas sel-sel mati yang selalu mengelupas dan digantikan oleh sel-sel di bawahnya. kulit ari berfungsi mencegah masuknya bakteri dan menguapnya air dari tubuh. lapisan malpighi tersusun atas sel-sel yang aktif membelah diri. sel terluar lapisan malpighi mati dan kemudian menggantikan sel kulit ari yang mengelupas.
lapisan dalam tersusun dari jaringan lemak, kelenjar keringat, saluran keringat,kelenjar minyak,pembuluh darah, dan saraf penerima rangsangan yang disebut reseptor.
gambar dari internet
b. cara kerja kulit
sentuhan yang kita lakukan pada semua benda menghasilkan rangsangan. rangsangan itu diterima oleh reseptor kulit. kemudian, rangsangan itu diteruskan oleh reseptor ke otak.dengan demikian, kita dapt meraba suatu benda.
otak juga akan memerintahkan tubuh untuk menanggapi rangsangan itu. karena informasi yang cepat, tubuh kita dapat terhindar dari bahaya luar  
 
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

silahkan dilike

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KLIK ILMU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger