mengenal mata dan bagian-bagiannya - KLIK ILMU
Headlines News :
Lazada Indonesia
Home » » mengenal mata dan bagian-bagiannya

mengenal mata dan bagian-bagiannya

Written By Unknown on Tuesday, December 23, 2014 | 5:33 PM

mata adalah indera penglihat.bentuk bola mata seperti bola bekel atau bola pimpong.diameternya lebih kurang 2 cm. sebagian besar terletak didalam rongga tengkorak.
mata terdiri atas bagian-bagian yang berperan penting dalam pengelihatan. selain itu, mata disertai bagian-bagian yang melindungi
 gambar dari internet
  • Bagian-bangian mata
bagian-bagian mata yang melindungi mata adalah alis mata, kelopak mata, dan bulu mata. alis mata merupakan rambut ( bulu ) yang terletak diatas mata.alis mata berguna untuk melindungi mata dari keringat yang mengalir dari dahi. kelopak mata terdiri dari kelopak atas dan kelopak bawah. kelopak mata berguna untuk melindungi mata dari benda-benda asing, misalnya debu, asap, dan keringat.
bulu mata merupakan rambut yang terletak di kelopak mata.bulu mata juga berguna melindungi mata dari benda asing.
mata juga dilengkapi dengan kelenjar air mata dan otot mata.kelenjar air mata menghasilkan air mata. air mata berguna untuk membasahi kornea mata agar tidak kering. air mata juga berfungsi sebagai pelumas agar mata mudah digerakkan. kelenjar air mata mengeluarkan air mata pada saat kita mengedipkan mata. air mata keluar makin banyak saat kita menangis. otot mata berguna untuk menggerakkan bola mata sehingga dapat bergerak ke kanan-kiri dan ke atas-bawah
sekarang kita membahas baagian-bagian mata yang erat hubungannya dengan fungsi pengelihatan, yaitu kornea, iris, pupil, lensa, badan bening, retina, dan saraf mata
  • kornea ( selaput bening )
kornea atau selput bening sangat penting bagi ketajaman pengelihatan kita. fungsi utama kornea adalah meneruskan cahaya yang masuk ke mata. cahaya tersebut diteruskan ke bagian mata yang lebih dalam dan berakhir pada retina. karena fungsinya itu, maka kornea mempunyai beberapa sifat, yaitu tidak berwarna ( bening ) dan tidak mempunyai pembuluh darah. kerusakan pada kornea dapat menyebabkan kebutaan. kornea mata orang yang sudah meninggal dapat disumbangkan untuk menyembuhkan orang lai dari kebutaan.
  • iris ( selaput pelangi ) dan pupil ( anak mata )
iris adalah selembar otot yang bergerak dibelakang kornea. selaput pelangi merupakan suatu jaringan yang kaya dengan pembuluh darah. warna iris memberikan warna pada mata. warna iris ini sangat dipengaruhi oleh jenis ras atau bangsa.
iris bekerja sama dengan pupil untuk mengatur banyaknya cahaya yang masuk ke mata sehingga sesuai dengan kebutuhan. pupil adalah celah ( lubang ) bundar yang ada di tengah-tengah iris.Dalam cahaya terang, otot-otot iris mengerut dan menyebabkan pupil mengecil. mengecilnya pupil akan mengehentikan cahaya agar tidak banyak masuk ke mata. dalam cahaya redup, otot-otot iris menjadi relaks sehingga pupil melebar. melebarnya pupil memungkinkan cahaya semakin banyak masuk kemata
  • lensa
lensa terletak dibelakang anak mata ( pupil ) dan selaput pelangi.fungsi lensa adalah memfokuskan dan meneruskan cahaya yang masuk ke mata agar tidak jatuh tepat pada retina ( selaput jala ). dengan demikian, mata dapat melihat dengan jelas. lensa mata mempunyai kemamppuan untuk mencembung dan memipih untuk memfokuskan jatuhnya cahaya. kemampuan lensa mata untuk mengubah kecembuanggnya disebut daya akomodasi.
contoh : bila kita mengamati benda yang letaknya jauh,maka mata tidak berakomodasi. akibatnya, lensa mata berbentuk pipih.
  • badan bening
badan bening ini terletak dibelakang lensa. bentuknya seperti agar-agar. fungsi badan bening adalah meneruskan cahaya yang telah melewati lensa cahaya itu selanjutnya disampaikan ke selaput jala.
  • retina ( selaput jala )
selaput jala merupakan selaput yang terletak paling belakang.selaput jala menerima cahaya yang diteruskan oleh bagian-bagian mata di sepannya.pada selaput jala terdapat ujung-ujung saraf penerima
  • saraf mata
saraf mata terutama berfungsi untuk meneruskan rangsangan cahaya yang diterima . rangsangan cahaya tersebut diteruskan ke susunan saraf pusat yang berada di otak. dengan demikian kita dapat melihat suatu benda.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

silahkan dilike

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KLIK ILMU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger